WELCOME, selamat datang di sahabat PETANI

Selamat datang di KONCO TANI. Sahabat kami berusaha selalu ada untukmu, mencoba menyediakan informasi yang sederhana walau mungkin telah engkau mengerti, mencoba memahami permasalahanmu walau mungkin tidak pintar memberikan solusi yang ingin kami pastikan untukmu adalah bahwa KAMI PEDULI

Senin, 11 April 2011

KUB Kelompok Usaha Bersama

Berwirausaha tidak harus berjalan sendiri – sendiri. Dimana dengan mengedepankan kesendirian maka tantangan yang akan dihadapi akan sangatlah besar, terlebih bila berkaitan dengan modal yang harus disediakan, pasar yang harus digarap dan kompleksitas tantangan dan hambatan yang harus dihadapi seperti tekanan harga dan persaingan usaha.
Justru dengan berkelompok, usaha yang digeluti akan menjadi lebih mudah dan cepat berkembang, mengingat tenaga yang bergerak di dalamnya lebih banyak, modal yang berputar di dalamnya relatif lebih banyak dan jaringan yang akan dikembangkan menjadi lebih kuat.
Ikatan awal dalam membentuk sebuah Kelompok Usaha Bersama ( KUB ) adalah : kesamaan produk yang akan dihasilkan, kesamaan sumber bahan baku, kesamaan permasalahan yang dihadapi dan kemungkinan kesamaan solusi pemecahan permasalahan yang dihadapi.
Dalam KUB setiap anggota kelompok harus selalu antusias / bersemangat dan berpikir positif guna menentukan tindakan untuk mencapai tujuan usaha bersama dan untuk menjaga kelangsungan usaha. Berinisiatif dan kreatif dalam menjalankan usaha, selalu berkomunikasi dengan sesama anggota tentang tantangan, hambatan dan kemajuan usaha untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya kesalahpahaman. Mengembangkan semangat kerjasama dalam mengembangkan usaha baik bekerjasama dengan pihak luar maupun di kalangan anggota. Disipin dan bertanggung jawab dalam menjalankan usaha dan menjalankan aturan / ketentuan usaha bersama. Memiliki komitmen atas aturan dan kesepakatan yang telah ditetapkan. Dan bekerja secara tekun dan bersungguh – sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal.
Kelompok usaha bersama adalah sebuah perputaran yang tiada henti yang antara satu dan lainnya saling mendukung dan menguatkan. Semisal dalam usaha ternak itik bisa saja dibentuk satu kesatuan usaha bersama ternak itik dengan unit – unit usaha seperti unit budidaya, penetasan, pembesaran, pengolahan hasil dan pakan ternak. Nah inilah sebuah peluang usaha yang menjanjikan sebuah hasil bila serius dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar